Sabtu, 03 November 2012

Kim Dotcom Launching Pengganti Megaupload Januari 2013

Kim Dotcom, Pendiri Megaupload, telah mengumumkan domain baru untuk layanan baru pengganti file-sharingnya: http://me.ga. Lewat akun twitter Dotcom, dia mengumumkan bahwa situs terbarunya tersebut akan launching pada 19 Januari 2013. Untuk saat ini, mengunjungi domain me.ga masih dialihkan ke Kim.com/mega, yang menawarkan slogan “bigger. better. faster. stronger. safer.”  Ungkapan ini mungkin referensi dari situs pendahulunya, Megaupload, yang ditutup oleh Departemen Kehakiman AS atas tuduhan pelanggaran hak cipta terhadap perusahaan domestik.

me.ga : Situs Pengganti Megaupload
me.ga : Situs Pengganti Megaupload



Menurut Kim Dotcom, me.ga akan menggunakan teknologi enkripsi terbaru yang kabarnya akan meningkatkan privasi pengguna sekaligus melindungi diri dari litigasi. Jika ada perusahaan media ingin menghapus data dari situs karena ada dugaan pelanggaran hak cipta, lebih jauh Kim menegaskan bahwa mereka harus menerima, sebelum mendapatkan akses, bahwa mereka tidak akan menuntut me.ga atau meminta pertanggungjawaban me.ga atas tindakan penggunanya.
Tidak mengherankan jika masalah hukum terus-menerus memaksa pendiri situs untuk membatasi layanan me.ga agar tidak menaruh hostingnya di Amerika Serikat. Hal ini bisa terjadi mengingat undang-udang AS yang begitu gencar untuk memerangi pembajakan dan penyalah gunaan hak cipta. Kita tunggu saja apakah situs terbaru Kim Dotcom pengganti Megaupload ini masih bisa diterima oleh masyarakat luas, terutama di Indonesia yang angka pembajakan online masih begitu memprihatinkan.

0 komentar:

Posting Komentar